Apa Itu Teknologi Pembayaran QRIS, Jenis dan Karakteristik yang dimilikinya? – TISNA NEWS.COM (2024)

Teknologi – (Advertorial), QRIS (QR Code Indonesia Standard) adalah standar QR Code pembayaran untuk sistem pembayaran Indonesia yang dikembangkan oleh Bank Indonesia dan Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia (ASPI).

Siapa saja yang dapat menggunakan QRIS ?

Siapapun yang memiliki ponsel dengan kamera dan konektivitas data, serta akun pembayaran elektronik dapat melakukan pembayaran melalui QRIS.

Bagaimana cara melakukan pembayaran menggunakan QRIS ?

Konsumen dapat memilih dan mengunduh aplikasi pembayaran yang terpasang pada ponsel mereka. Selanjutnya konsumen melakukan registrasi ke salah satu Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran (PJSP) dan memastikan tersedianya saldo untuk melakukan transaksi. Melalui aplikasi, selanjutnya konsumen melakukan scan QRIS pada merchant, memasukkan nominal transaksi, melakukan otorisasi transaksi dan kemudian melakukan konfirmasi pembayaran kepada penyedia barang dan/atau jasa.

Aplikasi pembayaran apa saja yang dapat menggunakan QRIS ?

Konsumen dapat menggunakan aplikasi uang elektronik server based, dompet elektronik atau mobile banking yang memiliki fitur pembayaran dengan QR Code.

Bagaimana saya mengetahui apakah QRIS aman untuk di-scan?

Konsumen harus membudayakan untuk menggunakan pembayaran QR dan memverifikasi keakuratan tiap kali melakukan pembayaran. Saat mengunduh aplikasi pembayaran QRIS, konsumen hanya boleh menggunakan aplikasi PJSP yangauthorizedsesuai petunjuk masing-masing PJSP. Aplikasi PJSP memiliki fitur keamanan untuk membantu mendeteksi dan mencegah fraud transaksi ke merchant palsu. Setelah memindai QRIS, konsumen harus memeriksa bahwa nama merchant yang ditampilkan pada aplikasi pembayaran mereka coco*k dengan nama merchant yang ditampilkan di atas label QRIS. Setelah pembayaran berhasil, konsumen akan segera menerima notifikasi pembayaran. Demikian pula, pedagang juga akan menerima notifikasi. Jika konsumen mencurigai adanya penipuan atau permasalahan dalam melakukan transaksi, segera hubungi PJSP terkait. Sumber pendanaan untuk aplikasi pembayaran dapat berupa sumber dana yang telah diatur oleh Bank Indonesia.

Apa Itu Teknologi Pembayaran QRIS, Jenis dan Karakteristik yang dimilikinya? – TISNA NEWS.COM (1)

Apakah terdapat biaya tambahan dalam melakukan pembayaran menggunakan QRIS ?

Tidak ada biaya tambahan bagi konsumen saat melakukan pembayaran melalui QRIS.

Apa yang perlu saya lakukan jika mendapat masalah dengan pembayaran QR ?

Jika Anda mengalami masalah dengan pembayaran anda menggunakan QRIS, silakan diskusikan masalah terlebih dahulu dengan penyedia barang/jasa atau hubungi PJSP terkait.

Dimana saya dapat menemukan QRIS ?

QRIS dapat ditemukan di pedagang yang menerima pembayaran elektronik melalui QR Code. Pedagang yang menerima pembayaran melalui QRIS akan memiliki logo QRIS di toko mereka.

Apakah turis dapat membayar menggunakan QRIS ?

Turis yang aplikasinya telah mengadopsi standar EMVCo dapat menggunakan QRIS di semua merchant yang sudah menggunakan QRIS.

Mengapa konsumen terbantu dengan adanya QRIS ?

Dengan QRIS, konsumen dimudahkan karena QRIS dapat discan oleh semua aplikasi pembayaran yang memiliki fitur pembayaran QR.

Apa Itu Teknologi Pembayaran QRIS, Jenis dan Karakteristik yang dimilikinya? – TISNA NEWS.COM (2)

Jenis – jenis QRIS ?

  • Merchant Presented Mode (MPM) Statis​

Cara paling mudah dan murah untuk menerima pembayaran. Cukup tunjukkan kode QRIS pada pengguna untuk dilakukan scan pada aplikasi pembayaran pilihannya dan memasukkan nominal pembayaran lalu klik bayar. Kode QRIS dapat ditampilkan pada media apapun dan tidak membutuhkan device khusus.

  • Merchant Presented Mode (MPM) Dinamis

Terima pembayaran secara cepat dan akurat dengan memasukan nominal pembayaran pada aplikasi atau device dari penyedia jasa pembayaran, lalu meminta pelanggan melakukan scan QRIS yang tampil atau tercetak lalu melakukan konfirmasi pembayaran.

  • Consumer Presented Mode

Cara tercepat dalam membayar dan menerima pembayaran. Pelanggan cukup menunjukkan kode QRIS yang ditampilkan oleh aplikasi pembayaran, merchant melakukan input pada aplikasi/device merchant, Merchant melakukan scan pada kode QRIS pengguna.

  • Merchant Presented Mode (MPM) untuk fitur Transfer, Tarik Tunai dan Setor Tunai

Selain menerima pembayaran secara cepat dan akurat, QRIS dapat digunakan antar sesama pengguna aplikasi pembayaran untuk Transfer, kemudian mengambil uang tunai serta melakukan setor tunai di warung/outlet/ATM yang tentunya sudah mendukung transaksi ini.

  • Merchant Presented Mode (MPM) untuk belanja lintas negara (Crossborder)

Transaksi pembayaran dengan kode QRIS dapat dimanfaatkan turis mancanegara untuk belanja di tempat wisata. Berlaku sebaliknya, turis Indonesia juga dapat belanja dengan scan kode QR di negara Thailand dan Malaysia.

Apa Itu Teknologi Pembayaran QRIS, Jenis dan Karakteristik yang dimilikinya? – TISNA NEWS.COM (3)

QRIS dapat dipindai oleh Penyelenggara Jasa Pembayaran ?

QRIS merupakan pembayaran digital menggunakan scan QR Code dan dapat di scan / dikenali / di baca oleh Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran. QRIS sudah memberikan Persetujuan ke beberapaPJSP (Perusahaan Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran)untuk dapat melakukan pembayaran melalui QRIS QR Code. Minimal transaksi pembayaran mulai dari Rp 1 – Rp 1.000.

Sumber : https://www.aspi-indonesia.or.id/

Apa Itu Teknologi Pembayaran QRIS, Jenis dan Karakteristik yang dimilikinya? – TISNA NEWS.COM (2024)
Top Articles
Latest Posts
Article information

Author: Rev. Leonie Wyman

Last Updated:

Views: 6025

Rating: 4.9 / 5 (79 voted)

Reviews: 86% of readers found this page helpful

Author information

Name: Rev. Leonie Wyman

Birthday: 1993-07-01

Address: Suite 763 6272 Lang Bypass, New Xochitlport, VT 72704-3308

Phone: +22014484519944

Job: Banking Officer

Hobby: Sailing, Gaming, Basketball, Calligraphy, Mycology, Astronomy, Juggling

Introduction: My name is Rev. Leonie Wyman, I am a colorful, tasty, splendid, fair, witty, gorgeous, splendid person who loves writing and wants to share my knowledge and understanding with you.